Peringati Hari Pahlawan ke-74, Pemkab Klungkung Gelar Apel dan Ziarah ke Tugu Pahlawan

Pemerintah Kabupaten Klungkung memperingati Hari Pahlawan ke-74 tahun 2019 dengan menggelar upacara Bendera di Lapangan Puputan Klungkung, Minggu (10/11/2019) beberapa hari lalu dengan inspektur upacara  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.  Turut hadir dalam upacara Ketua DPRD Klungkung A.A Gde Anom, Wakil Ketua DPRD Klungkung Cokorda Gede Agung, TP. PKK Kabupaten Klungkung, Forkompinda, Ida Dalem Semaraputra, OPD Pemkab Klungkung, TNI-Polri, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Klungkung serta jajaran pegawai, organisasi kemasyarakatan dan siswa.

Dalam apel yang disertai dengan penaikan Sang Saka Merah Putih ini, Bupati Klungkung membacakan sambutan  Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara. Dalam sambutannya Mensos mengatakan dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan  masyarakat akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers  Bung Karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sejalan dengan tema ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” ungkap Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Mensos menyatakan, dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat diatasi dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata.

“Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Mari saling membantu dengan sesama, bersama-sama mengatasi kemiskinan yang terjadi, jangan sampai dijajah oleh kemiskinan itu sendiri”, lanjut Bupati Suwirta.

Sebagai acar tambahan, usai pelaksanaan apel  Bupati Suwirta memberikan bonus apresiasi kepada atlet, pelatih dan cabang olahraga berprestasi pada Porprov Bali ke-XIV. Terkait dengan hal ini, Bupati Suwirta menyatakan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah terhadap atletnya merupakan hal yang biasa, tetapi ada sesuatu yang luar biasa, karena bertepatan Hari Pahlawan dengan tema yang tepat menjadi pahlawan masa kini. Dapat diartikan dalam tema tersebut, bahwa para atlet yang berjuang pada Porprov Bali XIV  adalah pahlawan masa kini.

Pihaknya juga mengapresiasi Koni Klungkung berserta jajaran yang selalu bekerja dengan baik, berkerja dengan efisien dan berikan bukti serta hasil sesuai dengan intruksi dan arahan Bupati.

“Manfaatkan bonus ini sebaik-baiknya dan bisa menjadi motivasi bagi para atlet lainnya. Altet sejati bukan selalu menunggu uluran tangan untuk hadiah, tetapi hadiah akan akan datang ke atlet yang sejati,” ujar Bupati Suwirta

Beberapa atlet digelontor dengan bonus hingga ratusan juta rupiah. Deviyanti Nur Rahman, atlet peraih emas terbanyak pada cabang olahraga tenis meja digelontor bonus senilai Rp. 117.500.000, Ni Luh Putu Satya Putri Mariantini Bandem, atlet pemecah rekor Porprov Bali dan peraih emas pada cabang olahraga renang di nomor 200 meter diberikan bonus senilai Rp. 77.500.000.

Bonus juga diberikan kepada Luh Putu Dewi Laraswati, atlet pemecah rekor Porprov Bali dan peraih emas pada cabang olahraga atletik di nomor lempar cakram putri senilai Rp. 47.500.000.  Kadek Surya Febriantari, atlet peraih medali emas berturut-turut pada Porprov Bali XI, XII, XIII dan XIV di cabang olahraga Taekwondo pada nomor Gyorugi Walter Under 67 Kg Putri, senilai Rp. 67.500.000.

Sementara itu Luh Made Budiartini Bandem, atlet termuda dan peraih emas di nomor renang 100 meter gaya bebas perorangan putri diberikan senilai Rp. 67.500.000 dan pelatih berprestasi yaitu pelatih cabang olahraga renang dan raihan medali terbanyak, diberi bonus senilai Rp. 65.000.000. Selanjutnya cabang olahraga berprestasi yang diraih oleh PTMSI Klungkung yang berhasil dinobatkan sebagai kontingen juara umum cabang olahraga tenis meja, diberi bonus senilai Rp. 430.500.000.

Seusai dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-74, dilanjutkan dengan Apel Ziarah di Tugu Pahlawan Semara Loka yang terletak di selatan jalan By Pas Ida Bagus Mantra wilayah Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung ditandai dengan peletakan karangan bunga dan diakhiri tabur bunga. # Salam Gema Santi

Tinggalkan komentar