Kesbangpol dan BNNK Klungkung Gelar Sosialisasi Narkotika dan Tes Urin di Desa Selat

Dalam rangka pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN & PN)  , Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung bekerja sama dengan  BNNK  Klungkung  menggelar sosialisasi tentang P4GN  & PN yang diikuti dengan tes urin di desa Selat kecamatan Klungkung, kabupaten Klungkung Jumat (4/12/2020). Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris, Kepala Bidang Ideologi dan Wasbang serta Kepala Bidang Politik dan Pengenalan Demokrasi Badan Kesbangpol Kabupaten KLungkung beserta jajaran, sedangkan dari BNNK hadir Kasubag Umum, Kasi Rehabilitasi, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat serta jajaran.

Sosialisasi dan tes urin yang menyasar para ASN serta tokoh masyarakat dan pemuda desa Selat ini dilaksanakan di Balai Banjar Jeroan Desa Selat. Satu per satu ASN di bawah pimpinan Perbekel Desa Selat Gusti Lanang Adnyana dites urinnya. Namun sebelum pelaksanaan tes urin, para peserta tes diberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba oleh Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Wayan Sudiarsa serta Kasi Rehabilitasi BNNK KLungkung.

“Narkoba memiliki sifat habitual, adiktif, dan toleran sehingga sangat berbahaya bagi warga masyarakat. Bagi yang sudah terkena, agak sulit untuk melepaskan diri. Bagi para pengguna narkoba, akibatnya adalah 4R yaitu rehabilitasi, RSJ (rumah sakit jiwa), rutan (rumah tahanan Negara) dan RIP (rest in peace). Oleh karena itu sedapat mungkin warga masyarakat agar dijauhkan dari penyalahgunaan narkoba”, papar Wayan Sudiarsa.

Sementara itu Kasi Rehabilitasi BNNK Klungkung Wayan Merta menyatakan bahwa BNNK senantiasa siap untuk membantu warga masyarakat untuk menghindari narkoba.

“Narkoba adalah musuh bersama masyakat dan penanggulangannya memerlukan partisipasi masyarakat”, papar Wayan Merta.

Dalam pelaksanaan tes  tersebut seluruh peserta tes dinyatakan negatif, yang berarti tak satupun di antara mereka yang terindikasi mengkonsumsi narkoba.#salamgemasanti

Tinggalkan komentar