Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung Terima Kunjungan Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang

Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang mengadakan kunjungan lapanmgan ke kabupaten Klungkung pada hari Kamis (2/5/2019). Rombongan diterima langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Klungkung Drs. I Wayan Sujana beserta jajaran di ruang rapat Dinas Pertanian. Turut serta dalam rombongan kabupaten Magelang ini  pengurus beberapa partai politik di kabupaten Magelang.

Dalam sambutan selamat datangnya, Kepala badan Kesbangpol Klungkung Drs. I Wayan Sujana memaparkan sekilas tentang kabupaten Klungkung beserta berbagai potensinya. Termasuk di dalamnya potensi pariwisata kabupaten Klungkung yang menjadi andalan pendapatan asli daerah seperti pariwisata alam, budaya, wisata religi, desa wisata dan wisata kuliner baik di Klungkung daratan ataupun di Nusa Penida.

Terkait dengan fasilitasi pencairan bantuan keuangan partai politik, Sujana menjelaskan bahwa mekanismenya mengikuti Permendagri nomor 36 tahun 2018 dan Peraturan BPK Republik Indonesia nomor 2 tahun 2015.

“Bila partai politik tidak menyampaikan laporan pertanggungjawaban bantuan politik sesuai kedua peraturan ini, maka danha bantuan keuangan  partai politik tidak bisa dicairkan,” papar Sujana.

Lebih lanjut Sujana menyampaikan jumlah besaran bantuan partai politik di kabupaten Klungkung sebesar Rp. 5.815,- per suara yang diperoleh pada pemilu sebelumnya.

Sementara itu Ketua rombongan dari kabupaten Magelang menyampaikan bahwa kunjungan lapangan ini merupakan program rutin tiap tahun untuk peningkatan kapasitas pengurus partai politik  dalam rangka peningkatan pendidikan politik masyarakat.  Di samping itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk mengetahui lebih banyak peran pemerintah daerah di berbagai tempat dalam rangka pelayanan terhadap partai politik dan masyarakat, mengenal lebih dekat potensi daerah yang dikunjungi serta mengenalkan potensi pariwisata yang ada di kabupaten Magelang.

Pada akhir paparan, kedua belah pihak mengadakan pertukaran cinderamata dan foto bersama sebagai bentuk solidaritas antar kedua pemerintah kabupaten dan perwakilan partai politik.  Setelah acara tatap muka, rombongan dari kabupaten Magelang mengunjungi pameran UMKM dan Kuliner  pada Festival Semarapura ke-4\. #Salam Gema Santi

Tinggalkan komentar