Bupati Klungkung Ikuti Teleconference Yang Diselenggarakan Kemendagri

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengikuti teleconference yang digelar Kementerian Dalam Negeri berkaitan tentang penanganan dan dampak yang diakibatkan oleh Virus Corona (Covid-19) dari ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung Kamis (9/4/2020). Dalam mengikuti teleconference yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian ini Bupati Suwirta didampingi Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra bersama sejumlah Kepala OPD Pemkab Klungkung.

Teleconference ini diikuti pula oleh sejumlah Pejabat Pusat seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kementerian/ Lembaga terkait, Gubernur dan serta Bupati/Walikota se-Indonesia.

Dalam video conference tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani mengharapkan agar para Kepala Daerah dapat menggunakan APBD yang dimiliki dalam menghadapi situasi yang terjadi di Indonesia saat ini. Ditegaskan bahwa Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri akan segera mengeluarkan surat edaran dalam rangka untuk memberikan arahan mengenai perubahan pada APBD.

Lebih lanjut disampaikan juga instruksi Presiden kepada Kementerian Keuangan dan Kemendagri tentang empat hal.

Pertama, agar para Kepala Daerah mengadakan perubahan belanja daerah, diutamakan bagi kesehatan masyarakat di wilayah masing-masing.

Kedua, agar daerah  melakukan alokasi dana untuk bansos, tidak  menunggu dari pemerintah pusat, karena Kepala Daerah yang mengetahui bagaimana kondisi masyarakatnya.

Ketiga, agar daerah membantu masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah, di mana bantuan diberikan dari berbagai aspek, misalkan aspek perbankan dan aspek lainnya agar jangan sampai bangkrut.

Keempat, agar Daerah melakukan perubahan APBD, misalkan dengan menghentikan uang belanja dinas, uang pelatihan dan kegiatan lain-lain karena saat ini kita semua sedang bekerja dari rumah, sehingga para Kepala Daerah dapat membantu masyarakat dengan uang tersebut. # Salam Gema Santi

Tinggalkan komentar