Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Kesbangpol Klungkung Gelar Pulbaket

Guna mendukung langkah-langkah Pemerintah Kabupaten KLungkung dalam penanggulangan Covid-19, Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung menggelar kegiatan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket). Kegiatan Pulbaket secara intensif pasca diberlakukannya Keputusan Bupati Klungkung nomor 250/25/HK/2020 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Coronan di kabupaten Klungkung. Hasil kegiatan pulbaket ini nantinya akan menjadi bahan laporan kepada pimpinan daerah.

Sesuai arahan Kepala Badan dan Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung, kegiatan Pulbaket ini menyasar empat lokasi yaitu sekolah, pasar, kantor Perbekel dan fasilitas kesehatan (puskesmas).

Untuk sekolah, kegiatan Pulbaket menyasar pelaksanaan belajar di rumah atau melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) menyangkut pelaksanaan ataupun kendala yang dihadapi baik oleh sekolah, guru ataupun siswa.

Untuk pasar, kegiatan Pulbaket menyasar situasi perkembangan harga-harga di pasar, termasuk penerapan protokol Covid-19 seperti menjaga jarak, pelaksanaan penyemprotan desinfektan ataupun ketersediaan fasilitas mencuci tangan.

Sedangkan untuk sasaran desa, kegiatan Pulbaket diarahkan untuk mendata persiapan pemilihan Perbekel (pilkel) pada beberapa desa yang melaksanakannya serta pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 di masing-masing desa.

Khusus untuk Puskesmas, kegiatan Pulbaket menyasar kesiapan Puskesmas dalam menangani Covid-19 termasuk di dalamnya persiapan sumber daya manusia, peralatan media termasuk APD ataupun standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien Covid-19.

Seperti pada  hari ini Rabu (8/4/2020) , telah diadakan kegiatan Pulbaket terkait pemantauan tahapan pemilihan Perbekel di desa Gelgel yang telah memasuki tahapan pengundian nomor urut calon Perbekel. Berdasarkan data dari Panitia, di desa Gelgel terdapat tiga kandidat yang masing-masing telah memperoleh nomor urut masing-masing I Made Budiarta (calon nomor urut 1), I Wayan Sudiantara (calon nomor urut 2), dan I Wayan Suparta (calon nomor urut 3).  Di samping hasil undian, juga dilaporkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini juga mengikuti himbauan dari Pemerintah dalam mencegah Corona yaitu menjaga jarak dan penyediaan hand sanitizer.  # Salam Gema Santi

Tinggalkan komentar