Bupati Suwirta Serahkan Hadiah Kepada Para Pemenang Lomba Bulan Bung Karno IV Tahun 2022

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri penutupan sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangkaian perayaan Bulan Bung Karno IV Tahun 2022 di Kabupaten Klungkung, Kamis, 23 Juni 2022. Turut hadir mendampingi Bupati, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung Drs. I Wayan Parna beserta segenap jajaran.

Lomba yang dilaksanakan secara serentak ini dilaksanakan  di lima titik yaitu  lomba mewarnai gambar Bung Karno di Monumen Ida I Dewa Agung Jambe,  lomba baca Puisi Bung Karno di SMPN 1 Semarapura ,  lomba pidato di Ruang Rapat BPKPD,  lomba musikalisasi puisi Bung Karno di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kania, dan  lomba mesatua Bali di aula SMPN 2 Semarapura dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung Drs. I Wayan Parna selaku Ketua Panitia Pelaksana Lomba dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan lomba ini memiliki empat tujuan. Pertama, mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan masyarakat Klungkung dalam berbangsa dan bernegara. Kedua, meningkatkan pemahaman masyarakat Klungkung tentang sejarah, filosofi dan nilai-nilai Pancasila. Ketiga, membangkitkan dan memelihara memori kolektif masyarakat Klungkung tentang ketokohan dan keteladanan Ir. Soekarno sebagai penggali Pancasila dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan yang keempat, memperkuat institusional nilai-nilai Pancasila, dan Spirit perjuangan Bung Karno sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Klungkung.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing, akhirnya terpilih pemenang I, II, dan III untuk masing-masing kategori lomba. Adapun juara untuk masing-masing kategori lomba adalah sebagai berikut :

Lomba Mewarnai Gambar Bung Karno :

Juara I          : Ni Made Krisna Sukadana (TK Negeri Desa Nyalian)

Juara II        : Ni Kadek Rista Arswari (TK Negeri Desa Dawan Klod)

Juara III       : Ni Kadek Anika Widya Swari (TK Negeri Desa Tusan

Lomba Baca Puisi Bung Karno :

Juara I          : Anak Agung Nadia Andara Wijaya (SDN 1 Semarapura Kangin)

Juara II        : Made Anggun Eza Putri (SDN 1 Takmung)

Juara III       : Cahaya Kristin Tumanggor (SDN 2 Semarapura Klod Kangin)

Lomba Pidato :

Juara I          : Trio Saputra (SMPN 3 Banjarangkan)

Juara II        : Ketut Sukma Permata Putri (SMPN 1 Semarapura)

Juara III       : Ida Ayu Made Kirana Anjani (SMPN 2 Semarapura)

Lomba musikalisasi puisi Bung Karno :

Juara I          : I Gede Eka Eka Prasetya, dkk (SMAN Satu Atap Lembongan)

Juara II        : Ni Putu Ayu Prayascita Swari Dewi, dkk (SMAN 2 Semarapura)

Juara III       : Bernard Juan Paul Bastian, dkk (SMAN 1 Semarapura)

Lomba Mesatua Bali :

Juara I          : Ni Luh Made Aryati (Kecamatan Klungkung)

Juara II        : Ni Komang Suartini (Kecamatan Dawan)

Juara III       : Ni Ketut Srinadi (Kecamatan Klungkung)

Dalam sambutannya Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan agar masyarakat bisa menteladani ajaran Trisakti Bung Karno yang meliputi berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan yang sangat relevan untuk mewujudkan keharmonisan alam, manusia, dan kebudayaan Bali.

“Dengan lomba-lomba yang diselenggarakan hari ini diharapkan bisa menambah pengetahuan kita akan perjuangan Bung Karno dengan ajaran Trisaktinya, ” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menambahkan melalui Bulan Bung Karno bisa membangun memori kolektif seluruh elemen masyarakat Kabupaten Klungkung untuk menggelorakan kembali semangat dan pemikiran Bung Karno dalam mengabdikan diri pada kepentingan rakyat, bangsa, dan Negara. #salamgemasanti

Tinggalkan komentar